0
Bagi para pecinta buku, mengoleksi buku bertumpuk-tumpuk dalam jumlah yang banyak adalah hal yang biasa. Secara umum, buku akan ditata sedemikian rupa di dalam rak khusus agar selalu rapi dan terjaga kondisinya. Namun terkadang, masih saja ada buku yang menguning akibat jamur dan kondisi ruangan yang lembab. Jamur pada buku akan mengakibatkan noda-noda kuning dan kecokelatan pada kertas-kertasnya, dan tak jarang juga berbau tak sedap. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui cara-cara merawat buku agar tidak mudah berjamur.
Jamur pada buku tersebut tentu akan tidak sehat apabila tersentuh ataupun terhirup ketika sedang membaca buku. Noda-noda jamur juga akan mengurangi tampilan buku, membuatnya tampak kotor dan tidak terawat.

Keberadaan jamur akibat sirkulasi udara yang kurang baik adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari. Mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki suhu dan udara yang cenderung mudah berubah dan lebih sering berudara lembap.

Untuk itu, yuk, simak tips berikut agar bukumu dapar terhindar dari jamur.

1. Pastikan tanganmu bersih

Tips pertama merawat buku agar tidak berjamur dan lembab adalah pastikan tanganmu bersih sebelum menyentuh buku. Tangan yang kotor dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada buku. Selain mengurangi estetika tampilan buku, debu yang menempel pada buku akibat tangan kotor juga bisa membuat buku terlihat bobrok.

2. Jauhkan dari sinar matahari secara langsung

Sinar matahari memang dapat menjaga buku untuk tetap kering, namun sinar matahari yang menyorot langsung pada buku akan membuat lembaran kertas terlalu kering. Kertas yang terlalu kering akan identik dengan perubahan warna dari warna asli kertas ke warna coklat, dan akhirnya kuning. Sinar matahari yang menyorot langsung juga dapat membuat buku kamu bergelombang, dan jadinya akan rapuh dan mudah sobek.

3. Lapisi dengan plastik

Proses oksidasi terjadi karena lembaran kertas pada buku kamu terpapar dengan kadar oksigen di sebuah ruangan. Apabila kamu memiliki buku-buku yang sudah tua dan berniat untuk menyimpannya untuk jangka waktu yang lama, balut buku-buku tersebut dengan plastik. Pastikan tidak ada udara di dalam plastik sebelum kamu menutupnya secara rapat. Untuk menghemat plastik, gunakan plastik bekas atau satu plastik besar untuk melapisi beberapa buku.

4. Simpan dengan posisi berdiri

Buku-buku baru dengan posisi berdiri, mengalami proses menguning yang lebih lambat ketimbang yang disusun secara menumpuk. Buku yang ditumpuk juga akan lebih cepat lembap dan bisa membuat kertas buku berubah jadi coklat.

5. Jauhkan dari sudut dan tempat lembap

Cara merawat buku agar tidak kuning selanjutnya adalah dengan menjauhkan buku-buku dari tempat lembap. Sudah tahu ‘kan, suhu yang lembap dapat berakibat buruk bagi koleksi buku kita? Nah, maka dari itu, jangan simpan rak buku atau lemari buku di sudut rumah yang lembap, ya! Apabila kamu tidak bisa menemukan sudut kering di rumah, atau rak buku kamu sudah terlanjur ditempatkan di ruang yang lembap. Kamu bisa mengakali masalah ini dengan menyediakan ventilasi udara pada ruangan tersebut sehingga sirkulasi udara pun lancar dan ruangan tidak akan lembap.

6. Bersihkan buku

Setelah menempatkan buku di tempat yang tepat, kamu juga perlu menjaga kebersihannya, walaupun terdengar sedikit konyol, membersihkan buku diperlukan agar lembarannya tidak menguning. Bersihkan buku menggunakan lap kering atau kemoceng kecil. Menjaga buku agar jauh dari debu akan membuat kertasnya lebih tahan lama.

Nah, mulai sekarang jangan malas untuk merapikan dan membersihkan bukumu ya. Selain merusak buku, jamur-jamur pada buku juga bisa mengakibatkan kesehatanmu terganggu karena bakteri yang terdapat dalam buku-buku tersebut. Ayo bersih-bersih sekarang!

Baca Juga: 7 Julukan bagi Pecinta Buku, Nomor 6 Pasti Kamu Banget!

Referensi:


Like it? Share with your friends!

0
Diva Vania<span class="bp-verified-badge"></span>

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF