1
1 point

Menjadi seorang penulis terkenal pasti merupakan cita-cita dari setiap orang yang gemar menulis. Namun, sering kali kita bingung harus memulai dari mana untuk mengawali karir sebagai penulis dan kemudian dapat dikenal melalui tulisan-tulisan yang ada. Nah, kalau kamu merupakan salah seorang di antaranya, berikut tips-tips menjadi penulis terkenal yang wajib kamu tau!

Belajar Membuat Ide Awal

Poin pertama menjadi penulis novel terkenal adalah dengan mengetahui novel seperti apa yang ingin kamu tulis. Buatlah story line atau poin-poin cerita yang ingin ditulis. Hal ini akan memudahkan kamu menjadi penulis novel mulai dari mengembangkan ide cerita.

Mengembangkan ide cerita tidak harus bersifat original. Kamu bisa menggunakan ide cerita yang sudah ada sebelumnya seperti cerita tentang percintaan, persahabatan, atau mungkin horor, sementara untuk menentukan tema yang lebih spesifik, kamu bisa memilih tema percintaan antara si kaya dan si miskin, kisah persahabatan antara dua orang yang berbeda negara, atau tema-tema lainnya.

Menentukan Karakter

Cara menjadi penulis novel profesional poin ke dua adalah kamu harus memahami karakter yang kamu buat. Tentukan karakter-karakter yang ada di dalam novel. Karakter ini menjadi kunci dari sebuah novel yang menarik atau tidak. Maka PR kamu sebagai penulis novel adalah bagaimana membuat karakter yang kuat dan nyata.

Kalau kamu bingung bagaimana membuat karakter, kamu bisa mencari inspirasi dari karakter di sekitar dan menjadikan mereka karakter fiksimu. Untuk memperkuat karakter, kamu dapat mengembangkan tokoh dengan cara mendeskripsikannya.

Mulai Menulis Novel

Mulai menulis novel adalah bagian dari cara menjadi penulis novel profesional yang ditunggu-tunggu. Pada proses inilah kita sebagai penulis akan terlihat bagaimana cara mengolah kata, konflik, hingga alur yang jelas dan membuat orang terjebak di dalam emosi cerita. Tips yang bisa kamu coba yakni dengan belajar menulis setiap waktu.

Temukan Wadah untuk Menyimpan Semua Tulisan

Cara menjadi penulis novel selanjutnya adalah kamu bisa melihat progres tulisan kamu dengan menyimpan semua tulisanmu. Temukan buku catatan atau platform yang dapat menyimpan semua catatan.

Entah itu buku, komputer, flashdisk atau blog. Kamu bisa memilih blog untuk menyimpan semua karya-karya yang mungkin sudah kamu kirim dan dimuat. Untuk yang belum dimuat sebaiknya kamu simpan ke dalam wadah yang lebih pribadi. Ingat ide adalah mahal, kamu tidak mau kan, orang lain mencuri tulisanmu?

Jangan Malu untuk Membacakan Tulisan Kamu ke Orang Lain

Jangan malu untuk memperlihatkan hasil tulisanmu ke teman atau saudara dan mintalah koreksi jika ada yang janggal. Cara ini bisa menjadi pemacu kita dalam cara menjadi penulis novel yang handal. Saat temanmu membaca naskahmu, minta tolonglah kepada mereka untuk menilai apakah novel kamu sudah layak dan enak dibaca.

Memiliki Tekat yang Bulat

Cara menjadi penulis yang paling utama adalah niat. Karena niat itu ada macam-macam tingkatannya, maka tingkatan agar keinginan menjadi penulis terwujud adalah memiliki niat full 100%. Niat yang setengah-setengah inilah yang menjadikan kamu mudah terdistrak dengan kegiatan atau kesibukan lain-lainnya. Sebaliknya, mereka yang memiliki niat bulat, sesibuk apapun kegiatan kewajibanmu, kamu selalu meluangkan waktu untuk tetap menekuni dunia tulis menulis.

 Tidak Takut Gagal dan Salah 

Segala hal yang baru selalu dibutuhkan keberanian. Keberanian untuk mencoba dan keberanian untuk memulai. Jika kamu belum pernah menulis sama sekali, dan memiliki keinginan menjadi penulis, tidak ada jalan lain untuk memulai menulis detik ini juga. Kesalahan dan kegagalan adalah hal yang lumrah dan wajar. Asalkan jangan jadikan dua hal tersebut sebagai kebiasaan. Melainkan dijadikan sebuah pembelajaran.

Menulis dan Terus Menulis 

Cara menjadi penulis yang paling jitu ya, menulis dan terus menulis. Tanpa menulis, angan-angan hanya sekedar angan saja. Tidak ada segala sesuatu yang terwujud sebatas lewat mimpi. Mimpi hanya sebuah angan. Angan yang tidak pernah dipraktekan dan diperjuangkan, hanya sekedar wacana dan imajinasi saja. Jadi, jika memang ingin menjadi penulis, tidak ada jalan lain ya, memulai menulis.

Eksplor Kemampuan untuk Menjadi Penulis

Cara menjadi penulis novel yang terakhir adalah eksplor kemampuan menulis. Kamu bisa mengirimkan tulisan ke surat kabar, media cetak, buat blog dan dipublikasikan secara mandiri atau apapun itu. Ada banyak pilihan yang bisa dijadikan untuk eksplorasi kemampuan menulis kamu. 

Jadi sebenarnya tidak ada sesuatu hal yang kita takutkan dan dikhawatirkan. Namanya juga eksplor, tentu gagal itu sudah bagian unsur warna yang wajib ada. Sebuah gambar akan terasa kurang nyeni dan kurang lengkap jika tidak ada unsur warna-warna yang lain. Selamat mencoba!

Baca Juga: Buku-Buku Paling Misterius di Dunia, Kamu Pernah Baca?


Like it? Share with your friends!

1
1 point
Diva Vania<span class="bp-verified-badge"></span>

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF