0
Penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis, atau menciptakan suatu karya tulis. Menulis merupakan jenis pekerjaan sekaligus hobi, penulis profesional menuangkan karyanya dalam bentuk tulisan yang bisa menghasilkan uang, namun ada juga yang menulis untuk keperluan hobi atau menyalurkan hobi mereka untuk menuangkan ide pikiran ke dalam tulisan.

Menulis adalah kegiatan membuat huruf (angka) menggunakan alat tulis di suatu sarana atau media penulisan, mengungkapkan ide, pikiran, perasaan melalui kegiatan menulis, atau menciptakan suatu karangan dalam bentuk tulisan. Namun tahukah kamu, bahwa ternyata ada banyak sekali sebutan untuk penulis sesuai bidangnya masing-masing, loh!

Academic writers

Academic writers adalah sebutan bagi mereka yang menulis untuk jurnal akademik, jurnal ilmiah, jurnal keilmuwan, dan sejenisnya. Penulis di kategori ini biasanya merupakan sesorang yang berprofesi sebagai guru, dosen, profesor, atau ilmuwan. Mereka juga membuat artikel atau buku, tapi tujuan utama menulis bukan untuk mendapat uang, tapi reputasi dan kredibilitas atas ilmu yang mereka miliki.

Copywriter

Sebutan ini berlaku bagi penulis khusus di bidang periklanan. Di tangan merekalah tagline dan kalimat-kalimat dalam iklan barang dan jasa tercipta. Pada bisnis periklanan di luar negeri, copywriter yang berpengalaman dibayar mahal karena mereka paham bagaimana mempengaruhi minat dan antusiasme orang terhadap suatu produk sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen.

Columnist

Sesuai namanya, kolumnis menulis tentang trend dan gaya hidup yang sedang hits di masyarakat. Kolumnis biasanya menulis setiap satu minggu sekali di kolom yang sudah disediakan untuknya di majalah dan atau surat kabar. Biasanya yang mengisi kolom tersebut adalah orang  terkenal, tokoh masyarakat,  atau wartawan yang sudah memiliki  nama di media tertentu.

Ghostwriters

Ghostwriters bukanlah penulis yang menuliskan cerita horor, julukan ini berlaku bagi seseorang yang menulis untuk orang lain. Misalnya, ada seseorang yang ingin menerbitkan suatu buku namun dirinya tidak mahir dalam dunia kepenulisan, maka seseorang tersebut bisa dimintanya menuliskan hasil dari imajinasi dan kreativitas dirinya.  Selain novel, ghostwriter juga bisa menulis biografi untuk orang lain. Satu hal yang paling penting yang menandakan seseorang merupakan ghostwriter adalah namanya tidak akan pernah ada dalam novel, biografi atau tulisan lainnya. Nama yang tercantum adalah nama orang yang mempekerjakannya sebagai ghostwriter.

Game Writer

Kalau kita main game bergenre role playing game, simulasi, dan strategi, kita akan membaca kisah para karakter dan cerita yang mengiringi game tersebut. Itulah yang dikerjakan oleh game writer, selain membuat  dialog-dialog dalam game, mereka juga menciptakan karakter, dan plot. Tidak seperti penulis lainnya yang bekerja perorangan (sendiri-sendiri), penulis game harus bekerja dalam tim, sehingga suksesnya sebuah game bukan cuma milik game writer tapi keseluruhan anggota tim.

Novelist

Novelist atau yang sering disebut juga author (pengarang), adalah orang yang menulis cerita panjang. Keistimewaan seorang novelis adalah kemampuan menciptakan karakter tokoh, membuat banyak plot, dan menyelesaikannya dalam satu kesatuan buku. Tidak gampang bagi novelist untuk mendapat banyak uang, kecuali buku yang ditulisnya jadi best-seller. Banyak novelist punya mata pencaharian utama diluar dunia tulis-menulis untuk kemapanan finansial mereka.

Poetry Writers (poets)

Sebutan ini diperuntukkan bagi penyair, atau disebut juga penulis sajak. Penyair tidak menulis untuk dibayar, tapi lebih kepada kepuasan batin. Kadang karya mereka baru diterbitkan ketika mereka menang lomba atau sayembara, dengan hadiah lain berupa sejumlah uang. Sapardi Djoko Damono dan Radar Panca Dahana bisa disebut sebagai poetry writers.

Reviewer

Reviewer adalah penulis yang khusus menulis review. Ia harus punya pengetahuan terhadap produk atau jasa yang di-reviewnya. Bisa berupa buku, film, mobil, komputer, dan banyak lagi. Reviewer harus memberi informasi sekaligus menghibur dalam tulisannya, tanpa terlihat bahwa ia sedang me-review sesuatu. Orang yang memiliki website dan menggilai hal tertentu bisa menulis review gratis tanpa terikat dan diminta siapapun.

Songwriter

Kita mengenalnya sebagai pencipta lagu. Songwriter bisa menjual lagunya ke label (perusahaan rekaman musik) atau ke penyanyi. Songwriters bisa juga disebut musikus (musisi) karena mereka memang harus bisa bermain alat musik untuk menciptakan lagu.

Speechwriter

Speechwriter atau pembuat pidato. Banyak pemimpin perusahaan, ketua partai politik, sampai menteri yang tidak bisa atau tidak punya waktu untuk membuat sendiri pidatonya. Maka mereka butuh speechwriters untuk naskah pidato yang ditujukan kepada khalayak.

Apakah kamu pernah mendengar semua sebutan untuk penulis di atas? Dari semua jenis dan sebutan untuk penulis tersebut, manakah yang paling menggambarkan dirimu?

Baca Juga: Tips Merawat Buku agar Tidak Mudah Berjamur


Like it? Share with your friends!

0
Diva Vania<span class="bp-verified-badge"></span>

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF