0

Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Nah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mood ketika sedang menulis. Apalagi, kalau tiba-tiba pikiranmu stuck dan bingung harus melanjutkan dengan kalimat apa. Coba deh, menulis sambil mendengarkan musik. Berikut rekomendasi lagu yang bisa kamu dengarkan saat menulis!

1. Melodi “Harry & Hermione”

Rekomendasi lagu pertama yang cocok didengarkan saat menulis adalah melodi “Harry dan Harmione”. Lagu ini merupakan salah satu lagu yang dikenal banyak fans sejati Harry Potter. Nuansa musik yang mengingatkan pada zaman Half-Blood Prince ini dirancang oleh Nicholas Hooper untuk menggambarkan cerita pilu karakter utama pria dan wanita di dunia penyihir. Melodinya yang mellow bercampur misterinya mudah sekali mengasingkan pikiran dari dunia luar, membuat pikiran semakin tertuju pada tulisan.

2. A Way To Say Goodbye –  Seven Lions

Lagu ini pas banget untuk kamu yang ingin menjernihkan pikiran dan menulis semua ide yang terlintas. Melodi dan beat kontemporernya sangat efektif mendorong kebebasan dalam menulis. Buat kamu yang merasa terbatasi kreativitasnya, coba dengerin lagu ini!

3. Gaelic Earth – Adrian von Ziegler

Musik celtic dari Adrian von Ziegler ini cocok didengarkan saat kamu ingin bereksperimen dengan tulisanmu, menulis topik baru, atau menulis cerita. Temponya yang playful dan natural bisa membangkitkan ide-ide yang mungkin belum kamu sadari kamu miliki sebelumnya.

4. Piano Concerto No.21

Musik klasik adalah salah satu genre musik yang sangat direkomendasikan untuk didengarkan saat menulis. Mahakarya dari Mozart ini punya melodi lembut yang membawa kamu kepada masa-masa yang lebih simpel. Musik sederhana nan sempurna ini juga turut mengajakmu mengeluarkan potensi terdalam saat menulis mahakarya versimu.

5. Istirahat sejenak dengerin “Don’t Leave Me”

Saat menulis, terkadang yang kamu butuhkan adalah istirahat sejenak. Saat kamu mengosongkan pikiran sebelum menulis kembali, kamu perlu mencoba untuk lagu dari Regina Spektor ini. Alunan lagu yang dibawakan lagu ini cocok banget untuk menyegarkan otakmu yang panas berpikir.

6. Middle Fingers Up

Bagi kamu penggila K-Pop, lagu Korea yang satu ini juga bisa dijadikan pilihan untuk didengarkan saat menulis. Melodinya yang bernuansa sirkus dan parade mudah banget memicu good mood saar menulis. Awas ketagihan!

7. Livin’ On A Prayer

Walau lagu ini relatif mainstream, lagu ini paling oke buat kamu yang mager menulis namun sudah dekat banget dengan deadline. Efektif mengusir prokrastinasi dan membantumu segera memulai. Livin’ On A Prayer paling cocok untuk kamu yang suka living on the edge. Jangan lupa pasang speaker dan naikin volumenya, ya!

Nah, apakah kamu juga tipe seseorang yang suka mendengarkan musik ketika menulis? Lagu apa yang biasa kamu dengarkan? Apakah salah satu playlist lagu-lagu favoritmu ada di atas?

Baca Juga: Sebutan untuk Penulis, Apakah Kamu Salah Satunya?


Like it? Share with your friends!

0
Diva Vania<span class="bp-verified-badge"></span>

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF