0

Seorang penulis introvert pernah mengatakan “ meskipun hanya dibaca oleh satu orang, penulis tetap memerlukan pembaca. Untuk itu banyak penulis menyamarkan nama aslinya agar tidak malu ketika karyanya dibaca oleh orang lain”.

Pembaca jugalah yang menjadi sumber pendapatan dari seorang penulis, semakin banyak yang membaca tulisan/bukunya  maka akan semakin banyak juga royalty yang diterima seorang penulis. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh penulis pemula sehingga karyanya tidak menarik minat pembaca diantaranya karena judul yang kurang menarik atau bahasa yang digunakan terlalu kaku.

Berikut beberapa cara yang bisa digunakan oleh penulis untuk menarik pembacanya.

  1. Buat judul tulisan yang menarik

white, red, and blue The Deck hanging decor

Judul ibaratkan wajah dalam sebuah tulisan. Semakin menarik judul yang dibuat akan semakin menarik banyak pembaca untuk melanjutkan membaca sebuah tulisan. Gunakan judul yang mnggelitik serta membuat penasaran bagi pembaca sehingga akan terasa berbeda dengan tulisan dengan isi yang sama.

Mengingat saat ini banyak sekali artikel bertebaran di internet, memilih judul yang tepat akan menarik minat pembaca dengan sendirinya.

  1. Opening cerita yang membuat penasaran

blue wooden door on white concrete wall

Setelah memilih judul, selanjutnya adalah membuat opening yang menggugah dan membuat penasaran pembaca. Dengan opening yang bagus dan tidak membosankan akan menghantarkan pembaca pada bagian isi dari sebuah tulisan.

Opening cerita ibarat ruang tamu dalam sebuah rumah, rumah yang sejuk dan nyaman akan membuat betah siapapun yang tinggal di dalamnya. Terlebih jika tuan rumahnya memiliki sifat yang ramah, tentu saja akan terasa sangat menyenangkan untuk berkunjung ke rumah tersebut.

  1. Bumbui tulisan dengan hasil wawancara atau pengalaman

fountain pen on black lined paper

Masuk kebagian inti dari sebuah artikel, maka sajikan juga hasil wawancara/penelitian atau pengalaman penulis agar menambah wawasan pembaca. Hasil riset dalam sebuah artikel ibarat bumbu penyedap dalam sebuah hidangan. seperti penyedap makanan keberadaanya tidak terlalu mengambil banyak porsi tetapi keberadannya sangat penting agar sebuah masakan lezat ketika di makan.

  1. Melengkapi tulisan dengan kalimat Tanya

silhouette of three people sitting on cliff under foggy weather

Ibarat berbicara dengan pembaca secara langsung, gunakanlah kalimat tanya agar lebih dekat dengan pembaca. Bahkan sekedar menanyakan kabar akan membuat pembaca merasa dekat dengan penulis.

Meskipun membuat kalimat tanya terasa cukup penting, sebaiknya tidak menggunakan banyak kalimat tanya yang justru akan membuat pembaca merasa sedang ujian sekolah.

  1. Satu paragraf berisi 3 – 4 baris

gray eyeglasses on opened book on brown panel

Selanjutnya pastikan tulisan kita tidak terlalu bertele-tele dengan membuat satu paragraf hanya 3 – 4 baris saja. Isi paragraf yang terlalu panjang akan membuat mata pembaca kelelahan dan malas membaca meskipun isi tulisan cukup menarik.

Tulisan yang hanya berisi 3-4 baris juga sangat membantu dalam bounce race bagi sebuah website atau blog.

  1. Font tulisan

Pemilihan font juga tak kalah penting. Font itu ibarat make-up dalam sebuah tulisan. Semakin bagus font-nya maka juga akan membuat mata enak memandang sebuah tulisan.

Enggak perlu muluk-muluk menggunakan font yang ribet, cukup pastikan font yang digunakan enak dipandang mata. Ibarat make-up jika terlalu tebal/menor juga tidak enak dipandang mata.

  1. Lengkapi dengan gambar

brown tabby cat on wooden windsor chair

Agar tulisanmu tidak menjenuhkan, lengkapi juga dengan gambar untuk membantu imaginasi pembaca. Gunakan gambar yang selaras dengan tulisan yang sedang dibuat ya.

Jika sedang membahas tentang kucing maka gambar yang disajikan juga seharusnya adalah seekor kucing, bukan gajah. Semakin spesifik sebuah tulisan sebaiknya juga mneyajikan gambar yang sama spesifiknya.

  1. Gaya penulisan

woman in purple and white floral long sleeve shirt and gray pants sitting on bed

Terkahir adalah gaya penulisan. Biasanya penulis menggunakan gaya penulisan sesuai dengan target pembacanya. Katakana saja majalah Bob* sebuah majalah anak dengan gaya kepenulisan yang sangat bersahabat dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Sebagai penulis juga harus menentukan audiens yang akan dituju, sebaiknya menggunakan bahasa yang umum dan bisa masuk ke semua kalangan agar tulisanya adapat dibaca oleh banyak orang.

Dengan memahami 8 hal diatas semoga dapat meningkatkan kualitas tulisan kamu, sehingga menarik pambaca untuk mampir membaca tulisan yang kamu buat. Sekali lagi, kemampuan menulis seorang penulis hanya akan terasah jika terus menulis. Untuk itu jangan penah lelah untuk menulis ya!


Like it? Share with your friends!

0
Nabillah Saraswita<span class="bp-verified-badge"></span>
Saras adalah seorang pahlawan dengan kode 008.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF