0

Di era modern seperti saat ini, smart phone (handphone pintar) menawarkan berbagai fitur-fitur canggih yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah pengganti buku catatan melalu aplikasi atau fitur catatan.

Sehingga saat ini sangat jarang ditemui orang-orang yang membawa buku catatan  karena smartphone sudah menyediakan fitur serupa yang jelas sangat efisien dan mudah sekali digunakan. Namun, ternyata hal ini tidak semerta-merta menghilangkan peranan buku catatan. Meskipun smartphone sudah menawarkan fitur notebook yang cukupmemduahkan, buku catatan manual memiliki peranan yang tidak bisa digantikan oleh smart phone.

Selain memberikan efek daya ingat yang kuat. Mencatat langsung di buku catatan manual juga memberikan  manfaat yang bagus. Berikut ulasan, kenapa kamu masih perlu memiliki buku catatan meskipun berada di era digital.

  1. Menampung Ide yang Datang Tiba-Tiba

black pencil on white printerpaper

Tidak ada yang pernha tahu kapan ide akan datang di kepala kita, dengan adanya buku catatan kamu akan mudahmenulis ide-ide yang tiba-tiba datang di kepala kamu. Dari pada harus menulisnya melalui samrtphone yang memungkinkan distraksi justru ketika menulis dengna buku catatan akan membuat ide yang datang secaratiba-tiba akan semakin terasa fresh.

Nah, ide-ide kecil ini akan dapat dengan mudah kamu kembangkan jika menulisnya di dalam buku catatan manual dari apda kamu menulisnya di smartphone. Karena sekali lagi, mungkin saja ketika kamu menulis ada notifikasi yang membuat kamu terdistraksi dan tidak jadi menlanjutkan ide yang sudah kamu tulis.

  1. Meningkatkan Kemampuan Mengingat

silhouette photography of person

Ali bin abi thalib pernah berkata “ikatlah ilmu dengan pena” artinya adalah perbanyalah menulis, karena dengan menulis kita kan mudah mengingat. Menulis membuat kita tidak hanya membaca sekali, tapi membaca sampai dua kali lebih banyak dari sekedar hanya mendengar.

Selain itu, menulis juga membantu dalam mengurangi stress dan membantu proses helaing sehingga orang yang banyak menulis emosinya akan jauh lebih stabil. Dari apda harus copy paste di smart phone mneulis akan membuat mood kamu jauh lebih baik loh!

 

  1. Menjadi Planner Terbaik

person writing on white paper

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini pun smartphone sudah menyediakan fitur schedule planner yang cukup canggih. Meskipun begitu, tetap saja system yang canggih tidka bisa menggantikan peranan buku catatan manual.

Alasannya karena dengan buku catatan manual kita akan jauh lebih bebas, lebih leluasa, lebih kreatif mengembangkan apa yang kita inginkan dan rencanakan kedepan.

Kamu bahkan bebas menulis to-do-list kamu, bahkan sangat mudah untuk mencoret dibagian yang mana kamu inginkan dan tentu saja hal ini akan terasa sangat menyenangkan.

Jadi setuju dong, kalau buku catatan akan juga berguna untuk mendokumentasikan semua informasi yang kamu catat dengan baik. Maka dari itu, walaupun di tengah kemajuan zaman seperti saat ini, penting bagi kamu untuk tetap mempertahankan peranan dari buku catatan manual. Jangan malu apalagi gengsi!


Like it? Share with your friends!

0
Nabillah Saraswita<span class="bp-verified-badge"></span>
Saras adalah seorang pahlawan dengan kode 008.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF