0

Menjadi penulis produktif barang kali adalah impian banyak orang di dunia ini. Dengan menjadi seorang penulis produktif seseorang akan mempunyai banyak karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Tapi, dari banyaknya orang yang bercita-cita menjadi penulis produktif hanya sebagian kecil yang mampu merealisasikannya.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang gagal menjadi penulis, salah satunya adalah rasa malas yang berlebihan, suka menunda waktu menulis, malas membaca buku, tidak terbuka dengan dunia luar dan lain sebagainya.

Hal yang paling penting ialah banyak orang yang tidak mengetahui cara menjadi penulis yang efisien sehingga sering menemukan kegagalan. Tentunya ketika seseorang bercita-cita ingin menjadi penulis yang produktif harus mengetahui beberapa cara yang akan membantunya menjadi seorang penulis. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar konsisten menulis, dan menjadi seorang penulis.

Menjadi Penulis Produktif

Mencatat ide

Salah satu cara menjadi penulis adalah dengan mencatat ide yang tiba-tiba keluar di mana saja. Untuk itu kamu perlu membawa catatan elektronik maupun catatan konvesional dimanapun dan kapanpun karena ide bisa datang dari tempat dan kejadian tidak terduga. Kamu perlu mencatatnya supaya enggak lupa.

Berpetualang

Kemudian, agar menjadi penulis kamu perlu menjadikan kegiatan menulis yang sering kamu lakukan menjadi sebuah petualangan. Kamu harus merasa tertantang, dan selalu termotivasi untuk terus melakukan yang terbaik dari sebelumnya.

Menjaga Mood

Ini adalah yang paling penting bagi penulis yaitu menjaga mood. Pastiin kamu enggak sering moody-an, karena hal ini tentu saja akan sangat memengaruhi produktifitas kamu. Kamu bisa menjaga mood kamu dengan melakukan hal-hal yang kamu suka.

Passion

Nah yang terakhir adalah menemukan dan memantapkan passion kamu dalam menulis. Dengan mengetahui passion kamu, kamu akan mudah menemukan artikel-artikel menarik untuk kamu tulis.

Nah, empat hal tadi penting banget untuk menjaga produktifitas kamu dalam menulis. Selalu ingat bahwa menulis itu adalah menciptakan keabadian, seperti yang dikatakan oleh sastrawan Indonesia:

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. – Pramoedya Ananta Toer

Baca Juga: Rahasia Menulis Skenario Ala Raditya Dika


Like it? Share with your friends!

0
Nabillah Saraswita<span class="bp-verified-badge"></span>
Saras adalah seorang pahlawan dengan kode 008.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF