0

Apakah kamu seorang penulis pemula? Sudah punya naskah yang siap di cetak, tapi bingung mau diterbitin kemana? Sebelum menentukan kemana buku anda akan di terbitkan kenali dulu nih jenis-jenis penerbitan buku. Mulai dari penerbit mayor, indie dan self publishing.

Let’s check this out!

Penerbit Mayor

assorted-title of books piled in the shelves

Yang pertama ada penerbit mayor, seperti namanya “Mayor” artinya “yang utama” atau “Besar” ini adalah penerbit yang sudah memiliki nama dan tersebar di seluruh negeri. Kredibilitasnya juga sudah terakui katakan saja penerbit Gr*med** atau Erl**gga.

Menerbitkan buku di penerbit mayor bagi penulis pemula harus memiliki kesabaran ekstra. Karena jika sudah memasukkan buku ke penerbit mayor harus menunggu salama 3 bulan untuk memastikan buku anda naik cetak, itupun jika beruntung anda akan mendapat pemberitahuan dari pihak penerbit mayor. Jika tidak ada pemberitahuan salama 3 bulan artinya buku anda tidak dapat naik cetak.

Akan tetapi, jika berhasil lolos seleksi dan berhasil naik cetak. Anda tinggal menunggu saja sampai buku anda mejeng di toko buku. Masalah cover, editing hingga layout pihak penerbit yang mengurus semuanya. Anda hanya perlu mengirimkan naskah saja, bahkan ISBN juga langsung di urus oleh penerbit mayor. Kabar baiknya jika buku sudah terbit anda tinggal menunggu royalty dari hasil penjualan buku.

Penerbit Indie

piled books on brown wooden shelf

Selanjutnya ada penerbit indie, penerbit yang kedua ini satu kelas di bawah penerbit mayor. Dikatakan satu kelas di bawah penerbit mayor karena pendistribusiannya yang hanya dalam sekala kecil. Sehingga penulis harus turut ikut membantu promosi karyanya agar banyak pembaca yang membeli buku.

Untuk urusan waktu terbit, di penerbit indie waktunya relative lebih cepat dari pada penerbit mayor. Meskipun tidak menyortir naskah secara detail, penerbit indie tetap memperhatikan apakah naskah yang kamu kirim mengadung SARA atau melanggar kode etik penulisan lainnya. Jika tidak, maka naskah tersebut bisa segera mereka proses untuk terbit.

Penerbit indie biasanya juga menawarkan dua jalur penerbitan yang berbeda, berbayar dan gratis. Jika berbayar maka naskah anda akan langsung naik cetak (asalkan tidak mengandung SARA). Jumlah yang harus dibayarkan juga tergantung dengan paket yang dipilih sesuai dengan kebutuhan anda, ada jasa editing + layout, editing + layout + cover atau hanya salah satunya. Nah, jika mau di cetak secara gratis artinya naskah anda akan diseleksi terlebih dahulu. Jika bagus dan layak terbit maka akan mereka terbitkan secara gratis.

Penerbit Self-Publishing

white book page with yellow and white plastic bottle

Jalan terkahir untuk mencetak buku adalah dengan penerbit self-publishing. Seperti namanya anda disini harus melakukan percetakan buku secara mandiri, mulai dari cover, layout hingga editing. Nantinya penerbit hanya akan mencetak buku dan anda wajib membayar biaya percetakan sesuai dengan harga yang ditentukan oleh percetakan.

Untuk keuntungan penjualan buku 100% akan menjadi milik anda, akan tetapi promosi juga harus gencar anda lakukan sendiri. Untuk penerbitan ini sebaiknya pilih penerbit self-publishing yang memiliki hasil cetakan buku bagus, biasanya yang menjadi masalah di percetakan self-publishing adalah hasil cetak buku yang kurang memuaskan.

Itu dia tiga percetakan buku yang dapat anda pilih untuk menerbitkan buku. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Jika anda sangat percaya bahwa tulisan anda bagus anda bisa mencoba di penerbit mayor atau indie. tapi, jika anda hanya ingin buku anda naik cetak tanpa perlu ribet urus sana-sini penerbit indie atau self-publishing juga bisa jadi jalan keluar.


Like it? Share with your friends!

0
Nabillah Saraswita<span class="bp-verified-badge"></span>
Saras adalah seorang pahlawan dengan kode 008.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF