0

Buat kamu yang menyukai dunia kepenulisan mungkin, sering mendengar istilah content writer dan copywriter bukan?  sekilas dua pekerjaan ini memang terlihat sama, tapi tahukah kamu ternyata content writer dan copywriter adalah dua pekerjaan yang sangat berbeda loh! Mau tau apa saja perbedaannya berikut akan dijelaskan.

Content Writer

Content writer adalah sebuah pekerjaan menulis yang memiliki tanggung jawab untuk memproduksi konten-konten menarik di media online. Seorang content writer biasanya mempublikasikan kontennya melalui sebuah website dan blog. Adapun konten yang dituliskan umumnya berupa artikel yang lebih panjang, dan detail.

Sebelum menuliskan artikelnya, seorang content writer akan mempertimbangkan penggunaan kata kunci atau keywords yang erat kaitannya dengan SEO atau Search Engine Optimization. Tujuannya adalah agar artikel yang dibuatnya dapat lebih mudah ditemukan oleh target audience.

Pada sebagian perusahaan, content writer termasuk ke dalam divisi Marketing. Tujuannya agar website dan produk yang ditawarkan akan lebih mudah untuk ditemukan di mesin pencarian Google. Adapaun skill yang harus dikuasai oleh seorang content writer adalah mudah beradaptasi, memiliki pengetahuan SEO, memiliki kemampuan menganalisa atau riset yang bagus dan dapat melakukan editing.

Copywriter

Copywriter adalah orang yang menulis untuk mempengaruhi pembaca. Biasanya mereka membuat tulisan-tulisan yang dapat mendorong orang untuk melakukan sesuatu, dan bahkan menjadi ingin membeli sebuah produk atau jasa yang sedang dibahas. Copywriter lebih dikhususkan untuk kebutuhan komersil. Menulis ads copy yang nantinya akan dipasang pada berbagai platform, termasuk platform media sosial.

Tujuannya tentu agar konten yang diciptakan dapat menarik pembaca untuk menggunakan atau membeli produk yang dijual. Seorang copywriter juga banyak terlibat dalam pembuatan teks atau script pada iklan di TV, radio, ataupun media lainnya.

Termasuk juga dalam pembuatan sebuah jingle lirik, atau slogan sebuah perusahaan. Diperlukan seseorang yang bisa berpikir kreatif, menemukan kata-kata unik tanpa mengurangi nilai informasi yang ingin diberikan. Skill yang harus dimiliki seorang content writer adalah kreatif, memiliki rasa penasaran, memiliki kemampuan menulis yang baik dan mengerti user experience.

Nah, cukup jelaskan apa saja perbedaan antara copywriter dan content writer. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang pendidikan loh! Cukup menarik bukan? Jadi, kamu ingin menjadi content writer atau copywriter, guys?

BACA JUGA: 5 HAL YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MEMASUKI UMUR 20 TAHUN

Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF