0
Jika kamu seorang fresh graduate dan dihadapkan dengan fresh graduate syndrome, di mana kamu masih bingung menghadapi dunia kerja, maka kamu direkomendasikan untuk membaca buku-buku di bawah ini. Buku-buku ini haram dibaca oleh fresh graduate karena bisa bikin kepercayaan dirimu meningkat pesat setelah membacanya.

Wisuda merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang sarjanawan. Namun, masa-masa setelah wisuda tersebut justru menjadi saat-saat yang membingungkan, karena tak jarang banyak fresh graduate dibuat galau memilih pekerjaan pertamanya.  Tak hanya itu, seorang fresh graduate juga cenderung akan merasa kaget saat memasuki dunia kerja, mulai dari cenderung diragukan karena belum memiliki pengalaman kerja apapun, bos yang terlalu bossy, suasana kerja dan rutinitas yang terus berulang, hingga tekanan-tekanan lainnya yang tidak pernah terpikirkan selama masih duduk di bangku kuliah.

Nah, sebelum memasuki masa-masa tersebut, kamu perlu membaca buku-buku ini agar tak lagi kaget saat dihadapkan dengan dunia pekerjaan. Buku-buku ini akan membantumu untuk lebih percaya diri, bisa melakukan persuasi, juga mengenal dunia kerja dan belajar dari pengalaman orang sukses.

Influence, The Psychology of Persuation

Influence: The Psychology of Persuasion, Revised Edition: Robert B.  Cialdini: Amazon.com: Books

Buku yang ditulis oleh Robert B. Cialdini ini berisikan tentang enam aturan universal yang harus dipenuhi jika kamu ingin menjadi orang yang ahli dalam membujuk dan menyakinkan orang lain dengan karisma yang kamu punya. Enam aturan tersebut diantaranya reciprocation, komitmen dan konsistensi, liking, otoritas, dan kelangkaan yang sangat berguna buat diketahui sebelum interview kerja. Kiat-kiat ini jika diterapkan dengan baik, akan sangat mempermudah kamu untuk diterima di dunia kerja. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kiat-kiat untuk membangun sebuah relasi atau hubungan pertemanan di kantor.

Outliers: The Story of Success

Outliers: The Story of Success: Gladwell, Malcolm: 0352749561657:  Amazon.com: Books

Fenomena yang kerap dialami oleh seorang fresh graduate adalah terlalu terburu-buru untuk mengambil setiap kesempatan yang ada walaupun tidak sesuai dengan minat dan keahlian yang dimilikinya. Hasilnya, seorang lulusan baru tersebut akan mudah berpindah-pindah tempat kerja karena merasa belum nyaman dengan posisinya.

Dalam buku yang ditulis oleh Malcolm Gladwell ini menceritakan secara mendetail hal-hal yang dialami oleh orang-orang sukses sejak masa kecilnya. Mulai dari hambatan yang mereka hadapi, motivasi, hingga solusi yang mereka miliki. Yang membuat buku ini terkenal adalah terdapat aturan 10.000 jam. Aturan tersebut menjelaskan bahwa jika ingin meraih suatu kesuksesan di satu bidang, kamu harus berlatih dengan keras dan sungguh-sungguh selama 10 tahun atau sekitar sepuluh ribu jam. Aturan ini sudah diterapkan dan dibuktikan oleh berbagai tokoh di dunia, salah satunya adalah pendiri Microsoft, Bill Gates. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki IQ yang tinggi tidak selamanya memiliki karir yang bagus, karena kunci kesuksesan yang sebenarnya adalah fokus dan konsisten.

Flow: The Psychology of Optimal Experience

Flow: The Psychology of Optimal Experience (Harper Perennial Modern  Classics): Mihaly Csikszentmihalyi: Amazon.com: Books

Buku yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1990  oleh Mihaly Csikszentmihalyi ini menceritakan bahwa kebahagiaan dapat dicapai melalui kondisi mental yang dikenal sebagai flow. Flow adalah keterampilan buat memberi tantangan kepada diri sendiri demi mendapatkan kebahagiaan di tengah rutinitas kerja.

Menurut penulis buku ini, flow tidak bisa didapatkan dari kerjaan yang dilakukan secara berulang. Flow akan terjadi ketika sudah mendapatkan aktivitas tertentu yang bermakna sehingga  membantu dirimu dalam mencapai target. Dengan demikian, carilah aktivitas kerja yang sesuai dengan kemampuan sehingga dapat meningkatkan semangatmu dalam menjalani rutinitas kerja.

Fresh Graduate Boss: 29 Cerita Memanjat Tangga Karier

Buku Fresh Graduate Boss : 29 Cerita Memanjat Tangga Karier | Bukukita

Buku ini mengisahkan pengalaman Margareta Astaman, seorang lulusan baru asal Indonesia yang meniti karier di Singapura. Tak hanya menampilkan kisah inspiratif, buku ini juga dikemas cukup ringan dengan menyelipkan beberapa humor.  Buku ini juga ditulis berdasarkan pengalaman nyata yang dialami oleh penulis, sehingga dapat membuatmu semakin termotivasi untuk sukses setelah membacanya.

Selagi menunggu panggilan wawancara, ada baiknya kamu memanfaatkan waktumu membaca buku-buku di atas agar semakin mantap menghadapi dunia kerja. Selamat membaca!

Baca Juga: Kenapa Aroma Buku Bisa Bikin Candu?

Referensi


Like it? Share with your friends!

0
Diva Vania<span class="bp-verified-badge"></span>

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF