0

Pada tahun 2020, tercatat ada sekitar hampir 8 milyar penduduk bumi. Di antara 8 milyar penduduk tersebut, pasti memiliki kepribadian yang berbeda, profesi yang berbeda, dan minat yang berbeda pula. Salah satu contoh profesi yang akan dibahas pada rubrik ini adalah orang yang berprofesi sebagai penulis ataupun orang yang sekedar suka menulis, walaupun tulisannya hanya untuk konsumsi pribadi saja. Adapula yang suka menulis tapi bahkan tidak tahu mau dibawa kemana nasib tulisannya dan tidak tahu bagaimana caranya agar karyanya diterbitkan. Sekarang, saya punya solusinya.

Kamu tentu pernah mendengar setidaknya sekali dalam seumur hidup bahwasanya ketika kita hendak menerbitkan sebuah buku, maka kita akan dihadapkan dengan yang namanya penerbit. Tugas penerbit inilah yang nantinya akan bercapek-capek dalam urusan koordinasi penerbitan tulisanmu, termasuk dalam proses menyunting, mengolah, memilih desainer, mengestimasikan biaya produksi, hingga mendistribusikan tulisanmu, maka dari itu, peran penerbit dalam keberlangsungan peluncuran karyamu tergolong cukup besar.

Penulis

Saat ini, ada tiga jenis penerbit yang akan kita bahas, yaitu penerbit mayor, penerbit indie, dan penerbit vanity. Masing-masing penerbit punya ciri khasnya tersendiri. Oleh karena itu, jika kamu masih mengalami kebingungan untuk memilih jenis penerbit, kita bakalan coba bantu arahkan dengan menyesuaikan jenis kepribadian kamu sesuai dengan jenis penerbit yang cocok. Penasaran? Mari kita simak penjelasan lebih lanjut dibawah ini :

1. Penerbit Mayor (Optimis, Suka Tantangan, Penyabar)

Seperti yang kita ketahui, penerbit mayor adalah penerbit besar yang memiliki jangkauan penulis dan pembaca yang cukup luas. Penerbit mayor bahkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dalam taraf nasional. Beberapa karya yang dihasilkan pun akan dipasarkan dalam ranah nasional. Namun, untuk dapat diterbitkan oleh penerbit mayor, penulis membutuhkan tingkat kesabaran yang cukup tinggi dikarenakan seleksi naskah amatlah ketat dan membutuhkan waktu yang cukup lama, optimisme yang cukup kuat dikarenakan jumlah pesaingmu bukan satu atau dua orang saja, melainkan bisa datang dari seluruh penjuru Indonesia, serta  keberanian yang cukup besar dikarenakan naskahmu bisa saja tidak berakhir di rak buku toko buku impian, tapi malah berakhir di keranjang sampah sudut ruangan.

2. Penerbit Indie (Kreatif, Efisien, Selektif)

Sebenarnya, penerbit indie tidak jauh berbeda dengan penerbit mayor. Hanya saja, penerbit indie cenderung lebih fleksibel bila dibanding dengan penerbit mayor. Aturan-aturan yang dimiliki penerbit indie juga tidak seketat penerbit mayor. Dalam hal waktu penerbitannya, penerbit indie memiliki tingkat efisiensi waktu yang cukup baik. Ketika penulis memasukkan karya mereka dalam penerbit ini, naskah penulis akan langsung diproses dan dicetak. Hal-hal tersebutlah yang membedakan penerbit mayor dengan penerbit indie. Namun, untuk urusan layout, editing, dan cover buku, penerbit indie menyerahkan semuanya kepada penulis untuk kemudian dicetak oleh penerbit indie. Kalau kamu tergolong orang yang kreatif dan punya kadar efisiensi waktu yang cukup tinggi, penerbit indie boleh jadi opsi. Oh iya, tak lupa pula kamu harus selektif dalam memilih penerbit. Jangan sampai dapat penerbit yang abal-abal dan punya kredibilitas rendah, karena sudah cukup banyak kejadian penipuan berkedok penerbit indie di Indonesia. So, kamu hati-hati, ya.

3. Penerbit Vanity (Simpel, Cekatan, Banyak Uang)

Penerbit Vanity adalah salah satu jenis penerbit buku yang mirip dengan penerbit indie. Perbedaannya terletak pada fasilitas. Jika penerbit indie memasrahkan segala urusan seperti layout, cover buku dan editing ke penulis langsung, penerbit vanity memberikan fasilitas sekaligus paket penerbitan. Jadi, kamu cukup kirim naskah ke penerbit, pilih paket penerbitan, bayar, sat-set-sat-set, jadi! Eits, tapi tentu saja kamu juga harus merogoh kocek yang cukup dalam ya, gengs, menyesuaikan dengan fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh penerbit vanity. Lantas, kalo kamu merasa telah menjadi bagian dari kaum simpel, cekatan, dan banyak uang, penerbit vanity adalah jawabannya!

Sekian pembahasan mengenai jenis penerbit yang cocok sesuai kepribadianmu. Nah, setelah membaca pemaparan diatas, menurutmu, penerbit mana yang sesuai dengan kepribadianmu?

Baca Juga : 5 Tips Agar Pembaca Gak Bisa Move On dari Tulisanmu!


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF