0

Di dunia yang serba online seperti saat ini sangat memengaruhi pola pikir dan aktivitas manusia. Salah satunya adalah membaca buku. Saat ini kegiatan membaca buku yang dianggap sangat penting bagi kecerdasaan otak manusia sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Media online penyedia e-book gratis tersedia di berbagai platform dan aksesnya juga cukup mudah.

Sumber. Google

Namun, di tengah kemudahan yang ada malah menurunkan minat membaca buku kaum millenial terutama di Indonesia. Seperti dilansir oleh UNESCO bahwa Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, bahkan menurut data UNESCO minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Artinya, dari 1000 orang hanya 1 orang yang suka membaca.

Miris banget sebenernya ngeliat hal ini. Well, sebenernya membaca itu ga sulit sih! malah menyenangkan. Seperti jodoh kamu harus nemuin satu buku yang cocok dan pas sehingga buat kamu jatuh cinta. Kalau udah cinta, jamin deh gampang buat dilakuin.

Pentingnya membaca buku bagi kecerdasan otak manusia

So, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakuin supaya bisa cepet nemuin satu buku yang bisa buat kamu jatuh cinta dan semoga jadi suka membaca karena emang sebenarnya buku itu kan banyak genre dan jenisnya. Jadi, kita harus memilih buku yang emang “kita banget” dan harus kamu ingat bahwa membaca buku itu penting.

Pertama, tanya diri sendiri. Jadi, kamu perlu buat beberapa pertanyaan sebelum memilah buku mana yang akan kamu baca. Pertama jenis buku apa yang kamu suka? Ada enggak sih buku yang bikin kamu penasaran? Karena judulnya mungkin atau hobi kamu apa? Jika hobi main basket coba pilih buku tentang pemain-pemain basket terkenal. Jika suka memasak coba cari kumpulan resep, dll.

Kedua, meminta orang lain untuk merekomendasikan buku yang bagus. Nah, kamu bisa tanya ke siapa aja sebenarnya. Bisa bertanya ke ayah, ibu, teman ataupun melalui media sosial. Biasanya orang-orang akan dengan senang hati untuk merekomendasikan buku-buku bagus yang sudah mereka baca dan membekas di memori mereka.

Ketiga, membaca ulasan buku melalui surat kabar, majalah atau internet. Hal ini berguna banget untuk dapet review dari pembaca sebelumnya. Mengikuti klub pecinta buku juga akan sangat membantu kamu untuk menemukan buku-buku yang bagus. Dari sana kita bisa bertukar informasi tentang buku-buku yang ada.

Terakhir, paksa. Jika kamu belum nemuin juga buku yang “kamu banget” maka cara terakhir adalah paksa diri kamu buat membaca. Mulai aja dari buku-buku yang ringan, komik atau novel misalnya. Setidaknya kamu sudah berusaha untuk berjuang dan setiap perjuangan pasti ada balasannya.

Ingat aja, bahwa membaca itu penting buat diri kamu sendiri, sampai-sampai ayat yang pertama kali turun adalah Iqro yang artinya “Bacalah”.

Baca juga: Rahasia Menulis Skenario Ala Raditya Dika


Like it? Share with your friends!

0
Nabillah Saraswita<span class="bp-verified-badge"></span>
Saras adalah seorang pahlawan dengan kode 008.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF