0

Membaca buku merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang diberi anugerah penglihatan oleh pencipta. Membaca buku bagi setiap orang juga sama halnya ketika membeli makanan. Kita akan memilih makanan yang sesuai selera, mengenyangkan atau mengganjal perut saja. Ingin coba yang makanan yang baru juga bisa, atau tergiur membeli yang diskon. Nah, ini semua bisa terjadi saat kita ingin membaca buku. Pastinya kita beli dulu!

Gelar, sebutan atau julukan dapat disematkan pada seseorang yang memiliki kebiasaan. Lalu, apa hubungannya dengan pembaca? Pembaca buku tidak terlepas dari membeli buku bacaan mereka. Jikalau sudah membeli buku, akan ada beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh empunya buku untuk menjaga buku mereka. Nah, kebiasaan ini juga memiliki istilah khusus yang akan digelari oleh si penggiat buku. Apa aja sih istilah atau gelar tersebut?

1. Bibliofil

Gelar ini untuk seseorang yang teramat menyukai membaca buku hingga mengoleksi buku. Pembaca dengan gelar ini bahkan rela menghabiskan uangnya untuk membeli buku atau membangun perpustakaan pribadi miliknya.

2. Bibliomania

Pembaca dengan gelar ini disematkan untuk orang-orang yang terobsesi dengan memiliki buku dan mengoleksi buku, namun tidak jarang melampiaskan emosinya dengan membeli buku, walaupun terkadang buku-buku tersebut tidak dibaca sedikit pun.

3. Tsundoku

Gelar ini mirip dengan Bibliomania, namun gelar ini berasal dari Jepang. Gelar ini diberikan kepada mereka yang suka membeli buku namun hanya menjadikannya pajangan saja.

4. Bibliothaps

Gelar ini cocok disematkan pada mereka yang suka sembunyi-sembunyi jika punya buku agar tidak dipinjam orang lain. Hal ini mungkin karena mereka tidak mau jika buku mereka rusak atau hilang ditangan orang lain.

5. Bibliokleptomania

Nah, kalau gelar yang ini cocok buat mereka yang suka dengan sengaja atau tidak nyolong buku yang dipinjam. Mungkin pembaca Bibliothaps belajar dari pengalaman dengan pembaca Bibliokleptomania ya.

6. Biblioarti

Gelar ini mirip dengan Bibliothaps. Perasaan kagum pada sebuah buku, membuat pemilik memiliki keinginan kuat untuk melindungi buku mereka agar tidak dicolong orang lain.

7. Bibliopegy

Nah, kalau yang ini istilah untuk penyampulan buku yang dilakukan untuk melindungi buku lho.

8. Biblionost

Gelar ini untuk mereka yang membaca setiap detail buku bahkan hingga daftar pustaka dan kata pengantarnya lhoo. Kamu termasuk tipe ini gak?

9. Bibliobibuli

Kalau yang ini, gelar pembaca buku yang membaca dengan kecepatan diatas rata-rata. Mereka mungkin bisa melahap buku dalam beberapa jam saja, disaat orang lain menghabiskan waktu dua hari mungkin. Wah cepat banget yaa!

10. Librocubilarist

Buat kamu yang suka membaca sambil leyeh-leyeh atau rebahan, ini adalah sebutan yang cocok buat kamu. Sepertinya hal ini terjadi sama setiap orang deh, iya enggak?

11. Abibliophobia

Kalau yang suka takut tidak ada bahan bacaan, gelar yang cocok untuk mereka. Nah, kalau sudah begini, biasanya akan baik-baik saja membeli buku yang menanyakan bahan bacaan.

Nah, itu dia beberapa gelar atau istilah untuk pembaca dan pencinta buku. Hayo kamu termasuk dalam tipe yang mana? Namun, terlepas dari segala gelar tersebut, budayakan untuk membaca ya! Yuk membaca~


Like it? Share with your friends!

0
Regina

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF