0

Ketika seorang calon penulis hendak menerbitkan buku, maka sudah sepantasnya ia berkenalan dengan berbagai jenis penerbit. Salah satu penerbit yang paling terkenal dan akrab di telinga masyarakat adalah penerbit mayor. Namun, ada beberapa penerbit mayor yang kita ketahui terkenal ‘galak’ dan ‘ketat’. Maka dari itu, pada artikel ini akan kita beritahu beberapa daftar penerbit mayor di Indonesia yang terkenal ‘murah hati’ dan tidak sombong.

Menjadi seorang penulis yang naskahnya diterbitkan oleh penerbit mayor adalah mimpi bagi sebagian besar umat yang gemar menulis. Beberapa keuntungan yang didapatkan dari penerbit mayor adalah jaringan distribusi yang luas, tidak perlu merogoh kocek untuk biaya penerbitan, promosi yang gencar dan menjanjikan, diterbitkan dalam jumlah eksemplar yang banyak, ada kemungkinan diadakannya beberapa event di saat buku akan diterbitkan sebagai salah satu upaya dalam kegiatan promosi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, untuk dapat diterbitkan oleh penerbit mayor, kamu haruslah mempunyai modal keberanian, kesabaran, dan kegigihan yang ekstra, dikarenakan jumlah pesaingmu bukan hanya satu kecamatan atau satu kelurahan, melainkan satu negara!

Oleh karena itu, penerbit mayor juga menetapkan standar yang tinggi dalam proses penyeleksian naskah. Pernah mendengar kalimat, “Naskahmu belum tentu berakhir di rak buku, bisa saja ia berakhir di tong sampah”? Begitulah kira-kira wujud galak dan sadisnya penerbit mayor. Eits, tapi tenang, ada beberapa penerbit mayor yang dikenal ramah dan murah hati kepada calon penulis, kok. Nah, penasaran apa-apa saja penerbit yang dimaksud? Langsung saja kita baca dan catat daftarnya di bawah ini:

1. BUKUNE

Bukune adalah sebuah penerbit buku populer untuk kalangan remaja dan menjadi bagian dari Gagasmedia grup. Didirikan pada 17 Agustus 2007, Bukune dibentuk untuk memberikan bacaan alternatif bagi anak muda dengan mayoritas tulisan yang mengangkat tema bergenre komedi dan pengalaman kisah hidup yang kocak. Beberapa kali Bukune menerbitkan buku karya selebtwit dan blogger, seperti Ferdiriva Hamzah, Roy Saputra, Alit Sutanto, hingga Raditya Dika.

Oh iya, penerbit Bukune hanya menerima naskah dalam bentuk hardcopy. Kalau kamu tertarik menerbitkan naskahmu lewat Bukune, silakan dikirim ke alamat:

Redaksi Bukune
Jl. H. Montong No. 57
Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630
Website : bukune.com
Twitter : @Bukune

2. Mediakita

Mediakita adalah sebuah penerbit buku populer untuk kalangan remaja dan menjadi bagian dari Kelompok Agromedia yang didirikan pada 9 Juli 2005. Pada awalnya, Mediakita adalah penerbit yang fokus menerbitkan buku-buku tutorial, novel sastra, dan politik. Namun, seiring berjalannya waktu, pada tahun 2015, Mediakita resmi menjadi penerbit yang sepenuhnya menyajikan bacaan bagi anak muda dengan harapan agar dapat meningkatkan minat baca anak muda. Mediakita juga menjadi penerbit pertama yang mempopulerkan genre senandika. Buku terbitannya juga sudah berfokus pada novel roman, buku senandika, dan nonfiksi. Jika kamu tertarik untuk menerbitkan buku lewat Mediakita, kamu bisa mengirim naskah ke alamat :

Redaksi Media Kita
Jl. H. Montong No. 57
Jagakarsa Ciganjur, Jakarta Selatan, 12630.
Website: mediakita.com
Twitter: @mediakita

3. Diva Press

Penerbit Diva Press dikenal sebagai penerbit yang sering mengadakan berbagai kuis dan perlombaan menulis dengan hadiah yang enggak main-main dan cukup fantastis. Pernah beberapa tahun lalu hadiah utamanya jalan-jalan ke Malaysia menonton pagelaran MotoGP. Penerbit Diva Press juga rutin mengadakan pelatihan menulis gratis bertajuk Kampus Fiksi ke berbagai kota. Tergolong sebagai penerbit yang murah hati dan tidak sombong, Diva Press menerima kiriman naskah dari semua kasta penulis baik yang masih pemula maupun yang sudah ternama. Kalau kamu ingin menerbitkan naskah di Diva Press, kamu bisa mengirimkan ke alamat email sekred.divapress@gmail.com. Sementara itu, Diva Press sendiri berkantor di Yogyakarta, tepatnya di Sampangan Gg. Perkutut No.325-B Jl. Wonosari, Baturetno, Banguntapan, 55197.

4. Bentang Pustaka

Penerbit ini dikenal sebagai penerbit mayor yang ramah terhadap para penulis baru, cara mengirim naskahnya juga terbilang tidak sulit. Sudah banyak buku best-seller diterbitkan oleh Bentang Pustaka, beberapa diantaranya adalah buku-buku karya Andrea Hirata dan Dee Lestari. Penerbit Bentang Pustaka memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin mengirimkan naskah. Kalau kamu termasuk salah satu calon penulis yang tertarik pada penerbit ini, silakan kirim naskahmu ke alamat email redaksi@bentangpustaka.com, atau jika ingin mengirim naskah sekaligus bersilaturrahim ke Bentang Pustaka, kamu bisa mengunjungi alamat kantor Bentang Pustaka di Jalan Plemburan No. 1 Pogung Lor, RT 11 RW 48 SIA XV Mlati, Sleman, DIY, 55284.

5. Falcon Publishing

Penerbit Falcon Publishing merupakan cabang perusahaan Falcon Pictures, yaitu perusahaan yang bergerak di dunia perfilman. Falcon Publishing berfokus pada penerbitan buku fiksi. Penerbit ini terbilang masih muda, namun beberapa karya yang telah diterbitkan Falcon Publishing bukan main luar biasanya, seperti buku Anak Rantau karya A Fuadi, Anna dan Bara karangan Ghyna Amanda, Menemani Setiap Detik Rasa Sepi oleh Anindria Ryandisza, Jomblo Reebot karya Adhitya Mulya yang juga sudah diangat ke layar lebar oleh Falcon Picture.  Syarat pengiriman naskah juga mudah dan tidak muluk-muluk, kamu cukup mengirim bab pertama naskah novel kamu via email ke publishing@falcon.co.id. Jika penerbit tertarik, kami akan dihubungi untuk dimintai naskah secara utuh.

Bagaimana para calon penulis? Apakah ada diantara daftar diatas yang membuatmu tertarik dan  mulai memantapkan hati untuk memilih salah satunya? Apapun pilihanmu, semoga dimudahkan dan sukses selalu, ya.

Baca Juga : Novel dan Komik, Mana yang Lebih Unggul?


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF