0

Sebelumnya mungkin kamu sering mendengar istilah copywriting, tapi apakah kamu tahu apa itu copywriting? Jika belum disini akan dijelaskan pengertian dari copywriting, tujuan, dan manfaatnya.

Pengertian Copywriting

Copywriting berasal dari kata “copy” yang digunakan untuk istilah teks yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran, biasanya kita temui di landing page, iklan, website, brosur dan lain-lain. Jadi copy itu dapat diaplikasikan dalam banyak bentuk. Jika copy itu dibacakan, misalnya dalam sebuah iklan maka bentuknya menjadi suara bukan lagi teks. Copy yang dimaksud disini bukanlah copy yang bearti salinan.

Sehingga, copywriting diartikan sebagai teknik yang digunakan untuk membuat copy atau konten. Jika diistilahkan copywriting adalah konten yang dibuat dengan tujuan untuk beriklan dan melakukan promosi. Copywriting sering digunakan untuk menarik perhatian target market usaha dengan tujuan utamanya yaitu menjual produk dan jasa baik secara online maupun offline. Sedangkan, orang yang membuat konten disebut dengan copywriter.

Istilah mudahnya copywriting ibarat mempekerjakan seorang salesman untuk mempromosikan produk kepada semua konsumen. Yang membedakan adalah, jika tim penjualan hanya dapat berhubungan dengan satu per satu konsumen, maka copywriting dapat langsung berhadapan dengan banyak konsumen sekaligus melalui billboards, iklan di majalah, email berisi sales letter, postingan blog, dan lain-lain.

Tujuan Copywriting

Copywriting | Pengertian, Jenis, dan Tips Menjadi Copywriter Andal »

Jadi apa sih sebenarnya tujuan dari copywritring sendiri? Karena copywriting merupakan kegiatan promosi yang dilakukan untuk menarik perhatian orang lain, maka sebenarnya tujuan dari copywriting adalah untuk dapat melakukan suatu konversi promosi produk atau jasa sehingga dapat menarik oranglain untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Manfaat Copywriting

5 Cara Mudah Menjadi Seorang Master Copywriter - SEO Anak Sholeh

Lalu apa saja manfaat dari copywriting? Sesuai dengan tujuannya copywriting mampu menghasut konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan dari sebuah konten yang dibuat oleh seorang copywriter.  Selain itu, melalui copywriting kita juga mampu menggiring opini dengan cara menggunakan permainan kata-kata yang sederhana tapi mampu memberikan efek yang sangat besar. Dan yang paling penting, melalui copywriting mampu membangun brand perusahaan atau produk. Tulisan-tulisan yang dihasilkan membantu perusahaan dan produk untuk memiliki branding yang khas dan melekat dihati pembaca.

Contoh Copywriting

Membuat Kerangka Pemikiran untuk Karya Tulis Ilmiah – BINUS Communication

Ada banyak kata-kata yang bisa digunakan untuk membuat copywriting, yang terpenting adalah kata-kata tersebut dapat menarik perhatian orang lain dan memancing orang untuk membeli produk yang ditawarkan. Salah satu contoh penggunaan copywriting yang terbukti menghasilkan adalah “Siapa lagi yang ingin?”. Headline yang satu ini sering sekali kita temui di iklan-iklan seperti “Siapa yang ingin memiliki wajah yang sehat dan glowing?” “siapa yang ingin bonus setiap minggu?” atau “siapa yang ingin memiliki tubuh langsing dan sehat?” . yups.. dengan menggunakan kata-kata yang sederhana tapi mampu menarik perhatian oranglain adalah kunci dari membuat copywriting yang baik.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai copywriting mulai dari pengertian, tujuan, manfaat dan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu mengerti lebih jauh tentang copywriting.

 


Like it? Share with your friends!

0
Nabillah Saraswita<span class="bp-verified-badge"></span>
Saras adalah seorang pahlawan dengan kode 008.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF