0

Siapa bilang move on hanya bicara soal pasangan dan urusan percintaan? Urusan selera juga bisa buat seseorang gagal move on, loh. Apalagi kalau seleranya jatuh pada tulisan yang kamu ciptakan. Gak cukup sekali, bahkan berkali-kali tulisanmu dilihat, dibaca, dan diingat juga tetap meninggalkan kesan tersendiri bagi penikmatnya. Gimana? Asik, ‘kan?

Belakangan, dunia literasi dan kepenulisan sedang banyak digandrungi ‘kembali’ oleh berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, juga orang tua berlomba-lomba untuk memperkaya wawasan literasi mereka. Semenjak pandemi tiba di Indonesia, masyarakat mulai kehilangan rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari di luar ruangan dan harus mulai beradaptasi dengan kegiatan yang serba ada di dalam ruangan. Sebab hal itu, literasi masa kini setelah timbul pandemi mulai disajikan dengan berbagai bentuk yang tidak membosankan dan lebih menarik hati. Sehingga, penikmatnya akan gagal move on pada gaya literasi yang disajikan tersebut.

Salah satu dari kegiatan dalam ruangan yang banyak dilakukan saat ini adalah membaca. Baik itu membaca berita secara daring, membaca isi chat dari dosen, membaca komik, novel, buku pelajaran, buku nikah, dan buku-buku lainnya. Ada banyak jenis bacaan yang bisa dibaca oleh masyarakat, akan tetapi tidak semua bacaan bisa benar-benar terpatri dan berkesan dalam pikiran dan jiwa seseorang. Ada sebuah bacaan yang ketika dibaca, langsung mendapat tempat di hati pembacanya, ingin dan selalu ingin lagi untuk mengulangnya. Lantas, kamu berpikir jikalau penulisnya adalah kamu, tentu kamu akan senang bukan kepalang.

Untuk mendapatkan predikat tulisan yang bikin orang gagal move on, kamu perlu mempelajari beberapa tips yang sudah kita rangkum ke dalam lima poin. Apa sajakah itu? Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari kita simak:

1. Berdoa Sebelum Menulis

Kita sering meremehkan kekuatan doa. Padahal, doa adalah senjata paling ampuh yang dimiliki manusia. Terlebih saat hendak memulai sesuatu, sudah seharusnya kita menyertakan Tuhan kedalamnya. Tujuannya agar kamu dimudahkan dalam proses menulis hingga tahap finishing dan publikasi. Syukur-syukur, tulisanmu banyak dapat apresiasi. Kalaupun belum, mari kita coba lagi.

2. Sederhanakan Bahasamu

Salah satu kesalahan penulis adalah melebih-lebihkan bahasa yang harusnya bisa disederhanakan, entah untuk tujuan agar terlihat keren dan lebih berkualitas, atau memang benar-benar tak ada lagi diksi sederhana yang bisa mewakilkan. Namun, yang perlu kita catat sebagai penulis adalah jangan samakan level bahasamu dengan orang lain. Tidak semua orang sama sepertimu. Jika ingin tulisan kita dapat diterima dengan baik dengan jangkauan pembaca yang luas, maka sederhanakanlah bahasamu. Kemas ia menjadi sebuah hidangan yang cocok untuk dikonsumsi semua kalangan.

3. Cobalah Menulis Seperti Bercerita

Beberapa orang terkadang malas untuk berpikir keras dalam memahami sebuah tulisan. Apalagi jika disajikan kedalam bentuk formal diiringi dengan bahasa yang kaku, jika konteksnya adalah sekadar bacaan biasa dan bukan untuk tujuan formalitas, ya. Kita mulai coba berdialog dan ajak pembaca bercerita seperti sedang bertatap muka. Sepertinya, akan terlihat lebih nyaman untuk dibaca.

4. Selipkan Guyonan Ringan

Siapa yang tidak suka humor? Coba cari perhatian pembaca dengan menyelipkan guyonan ringan yang tak terduga. Pembaca cenderung akan betah berlama-lama pada tulisanmu, daripada tulisan yang isinya beneran serius dan buat kening berkerut. Meskipun begitu, dalam menyelipkan guyonan ringan, kita tetap harus memmerhatikan konteks dan jangan melanggar batasan dalam bercanda, ya. Oke, gengs?

5. Menulis dengan Hati

Seperti kata pepatah yang asalnya entah darimana, “Semua yang dilakukan dari hati, akan sampai pula ke hati.” Maka, tulislah sesuatu disertai dengan niat tulus dan hati yang lapang dan penuh kesukarelaan. Semoga saja mengena dan tepat sasaran.

Maka dengan itu, berakhirlah 5 tips membuat tulisan yang membuat pembaca jadi gagal move on. Bagaimana? Setelah ini, langsung kita coba, ya?

Baca Juga : 3 BUKU YANG COCOK DIBACA BAGI KAUM REBAHAN


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF