0
Asma Nadia

Asma Nadia adalah seorang penulis nasional beberapa karyanya bahkan telah difilmkan seperti, Ketika Mas Gagah Pergi, Assalamu’alaykum Beijing, Surga yang Tidak Dirindukan dan lain-lain.

Dalam Channel Youtube-nya Asma Nadia membagikan tips menulis bagi penulis pemula, menurut Asma Nadia setidaknya terdapat 5 dosa atau kesalahan yang sering kali dilakukan oleh penulis pemula. Apakah saja itu?

#1 Ide yang klise

Yang pertama adalah ide yang klise. Sebagai penulis pemula sering kali kita dihadapkan pada masalah-masalah teknis penulisan yang menyebabkan seorang penulis pemula lupa untuk menyajikan sebuah ide yang unik dan segar. Padahal ketika seorang penulis pemula berhasil menyajikan sebuah ide cerita yang unik, segar serta menarik, pembaca akan lupa tentang ketidakterampilan ataupun kegagapan dalam tulisan yang dibuat.

#2 Judul tidak menarik

Yang kedua adalah pemilihan judul yang tidak menarik. Judul merupakan daya tarik pertama sebuah tulisan sebelum pembaca membaca tulisan tersebut. Untuk itu, penting sekali  memilih judul yang menarik. Menurut Asma Nadia, sebaiknya dalam satu tulisan buatlah beberapa list judul terlebih dahulu, kemudian dipilah satu yang terbaik.  

#3 Terlalu bertele-tele

5 Dosa penulis pemula yang ketiga adalah membuat tulisan yang bertele-tele. Bisa jadi menggunakan alur cerita yang tidak fokus, penggunaan kata-kata atau bahasa yang tidak efektif sehingga tulisan menjadi kesana-kemari. Tentu saja hal ini membuat pembaca akan merasa bosan dan jenuh.

Hal ini terjadi karena penulis belum mengetahui dengan benar apa yang sebenarnya ingin ia tulis, atau penulis sudah mengetahui apa yang sebenarnya ingin ia tulis, tapi belum tahu bagaimana menuliskannya. Tipsnya agar tulisan tidak terlalu bertele-tele adalah dengan memangkas sebagian cerita. Jika bagian tertentu diambil dari tulisan dan tulisan itu tidak berubah makna atau isinya maka sebenarnya bagian tersebut tidak penting. Kemudian, gunakanlah kalimat efektif, paragraf yang pendek dan pastikan ceritanya fokus.

#4 Mengabaikan logika

Dosa yang keempat mengabaikan logika. Dalam sebuah cerita atau tulisan haruslah membuat alur yang believeable. Artinya cerita dalam tulisan tersebut masih bisa diterima oleh logika. Jika ada sebuah kebetulan maka kebetulannya haruslah sesuatu yang sudah direncanakan. Intinya segala sesuatu yang terjadi dalam sebuah cerita punya alasan dan motivasi.

#5 Ending yang tidak maksimal

Dosa terakhir yang sering dilakukan oleh penulis pemula adalah ending yang tidak maksimal. Penutup cerita yang terbaik bagi pembaca adalah ketika pembaca merasa puas dengan ending yang menonjol. Ketika menulis kita tentunya sering melakukan kesalahan, dengan ending yang bagus maka pembaca dapat melupakan kesalahan-kesalahan yang terdapat pada tulisan.

Baca Juga: Menjadi Penulis Produktif, Anti Gagal!

Nah, itu dia 5 dosa penulis pemula menurut Asma Nadia. Semoga tulisan ini membantu kamu untuk membuat tulisan yang bagus serta menarik. Terakhir pesan dari Asma Nadia “Semangat, selamat terus menulis, insya allah teman-teman bisa”.


Like it? Share with your friends!

0
Nabillah Saraswita<span class="bp-verified-badge"></span>
Saras adalah seorang pahlawan dengan kode 008.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF