0

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk meyelesaikan sebuah buku? Seminggu? Sebulan? Atau bahkan setahun. Membaca dan memahami sebuah buku dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, tetapi tergantung dari buku dan siapa yang membacanya. Banyak sekali tips dan trik yang dilakukan banyak orang agar cepat membaca sebuah buku.

Namun, apakah dengan membaca cepat akan menjadikan seseorang itu mudah memahami sebuah buku? Jawabannya belum tentu. Membaca cepat atau lambat tidak menjadi penentu apakah seseorang itu mampu memahami sebuah buku. Akan tetapi kemampuan membaca cepat sangat dibutuhkan untuk menghemat waktu dan mengetahui isi dari sebuah buku.

Berikut 3 langkah mudah dan cepat yang bisa kamu lakukan untuk membaca sebuah buku.

  • Skimming
man reading a books

Skimming adalah teknik membaca menggunakan gerakan mata untuk berpindah dengan cepat dan menemukan kata kunci dalam sebuah teks. Dengan membaca skimming kamu akan mudah mengetahui isi penting dari sebuah teks tanpa perlu fokus yang mendalam.

Kemampuan ini sangat berguna sebagai pratinjau untuk bacaan yang rinci atau saat meninjau konten bacaan yang berat. Kamu bisa menggunakan skimming untuk meninjau bab-bab buku teksmu atau untuk meninjau bacaan panjang kemudian putuskanlah apakah kamu perlu membaca satu bagian lebih serius dari yang lainnya.

Misalnya, saat ujian, kamu dapat dengan cepat menemukan inti keseluruhan bacaan hanya dengan membaca cepat. Ini sangat berguna saat kamu harus menyelesaikan soal ujian berbentuk paragraf tanpa harus merasa dikejar-kejar waktu.

  • Memilih Buku yang Tepat

Jika kamu adalah pemula yang mencoba untuk membaca cepat maka sebaiknya kamu memilih buku yang tepat. Pilihlah buku yang kamu sukai, tidak tebal, bahasanya ringan dan memiliki jarak tulisan yang tidak terlalu rapat.

Dengan memilih buku seperti ini, membaca akan terasa jauh menyenangkan karena otak tidak dituntut berpikir terlau keras. Sehingga proses penyelesaian membaca buku juga akan semakin cepat.

  • Perbanyak Bacaan.

Kamu pernah mendengar peribahasa “alah bisa karena biasa?” Yups! Maksudnya adalah sesuatu yang awalnya dirasa sulit bila sudah biasa dilakukan akan menjadi mudah. Mungkin awalnya kita merasa sangat sulit menyelesaikan membaca satu buah buku, namun apabila kita semakin sering membaca maka akan semakin mudah untuk menyelesaikan membaca satu buah buku.

Jadi kesimpulannya, cara membaca cepat adalah dengan latihan. Semakin kita banyak membaca maka proses latihan membaca cepat akan terjadi secara terus-menerus. Memilih buku yang tepat akan membuat kamu tidak bosan dan jenuh dengan buku yang kamu baca.  Untuk itu, semakin banyak kamu membaca maka akan semakin cepat pula kamu membaca.

Selamat membaca.


Like it? Share with your friends!

0
Nabillah Saraswita<span class="bp-verified-badge"></span>
Saras adalah seorang pahlawan dengan kode 008.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF